Rabu, 04 Januari 2012

Keunikan Bahasa Palembang

Share this history on :
nah, udah tahun baru aja nih sob...
dah lama juga ane gak posting, karena kesibukan saya kuliah sambil kerja freelancer.. hihihi...
mayan nambahin uang ATM.

Langsung aja deh, sebelumnya bingung mau kasih judul apa nih postingan menggunakan bahasa Palembang yang biasanya di akhiri dengan "O" atau menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. hhee... tapi setelah di pikir2, berjuta2 kali sambil liatin traffic nih blog akhirnya saya menggunakan bahasa Indonesia, biar mudah di search di Search Engine... hhii....

Kalo kita ngomongin masalah Palembang, pasti yang kalian pikirin pertama yang muncul di otak-otak lu pada yaitu kota Pempek yang sangat terkenal di kalangannya. hhii.. yang belom nyobain Pempek langsung aj deh ke kota Palembang di Jamin ke tagihann... yang gak suka ikan gak usah pusing... nih Pempek Palembang gak ada bau-bau nya ikan deh... Karna saya juga gak suka Ikan.. hhoo...

Pernah gak kalian berpikir kalo bahasa yang di gunakan orang Palembang itu sangat unik banget lohh..
Bahasa Universal saya rasa yah, dan saya pikir nih Bahasa Palembang mungkin harus di bikin kamusnya... hha.. biar orang gak salah ngerti sama kata-kata yang selalu orang Palembang lontarkan dengan kata-kata kasar.

Sebenernya sob, terdapat dua tipe bahasa Palembang,,, hhaa... pasti baru tau kan... tapi bukan seperti Past tense Palembang dan Present tense Palembang.. hha...
Bahasa Palembang itu terdiri dari Baso Pelembang Alus atau Bebaso dan Baso Pelembang Sari-sari. Baso Pelembang Alus dipergunakan dalam percakapan dengan pemuka masyarakat, orang-orang tua, atau orang-orang yang dihormati, terutama dalam upacara-upacara adat. Bahasa ini berakar pada bahasa Jawa karena raja-raja Palembang berasal dari Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak, dan Kerajaan Pajang. Itulah sebabnya perbendaharaan kata Baso Pelembang Alus banyak persamaannya dengan perbendaharaan kata dalam bahasa Jawa.

Sementara itu, Baso sehari-hari dipergunakan oleh wong Palembang dan berakar pada bahasa Melayu. Dalam praktiknya sehari-hari, orang Palembang biasanya mencampurkan bahasa ini dan Bahasa Indonesia (pemilihan kata berdasarkan kondisi dan koherensi) sehingga penggunaan bahasa Palembang menjadi suatu seni tersendiri.

Bahasa Palembang memiliki kemiripan dengan bahasa daerah provinsi di sekitarnya, seperti Jambi, Bengkulu bahkan Jawa (dengan intonasi berbeda). Di Jambi dan Bengkulu, akhiran 'a' pada kosakata bahasa Indonesia yang diubah menjadi 'o' banyak ditemukan.

Tuh sob, jadi jangan berpikir kalo orang Palembang itu kasar mungkin aja kan bisa penyebabnya faktor iklim karena di Palembang sedikit Panas sob. hihi...

nih sob, sedikit kamus bahasa Palembang kalo mau belajar dan berkunjung ke Palembang.

Dalam bahasa Palembang, awalan me-
seringkali tidak diucapkan. Misalnya:
  •     Jingok (lihat) bila diberi awalan me- akan menjadi "nyingok" bukan menjingok.
  •     Goco (pukul) bila diberi awalan me- akan menjadi "ngoco" bukan menggoco.
A
    Aman / amon = kalau
        Contoh: Aman kau ke sano gek, jangan lupo bawa pempek.
        Arti: Kalau kamu kesana nanti, jangan lupa bawa pempek.

    Antok = menyentuh suatu benda, biasa digunakan anak kecil dalam permainan 'gambaran'
        Contoh: Kartu kau tu antok, ulang oi!
        Arti: Kartu kamu itu terbentur, ulang dong!

    Asak = asalkan
        Contoh: Asak kau dapet cepek, ku enjok mobil la.
        Arti: Kalau kamu dapat 100, saya kasih mobil deh.

    Awak = kamu, bisa digunakan sebelum 'kau'
        Contoh: Awak kau yang salah, nak nyalahke wong.
        Arti: Kamu yang salah, mau menyalahkan orang.

    Awan = siang
        Contoh: Awan tadi, budak Kertapati menang lomba bidar.
        Arti: Tadi siang, anak Kertapati menang lomba bidar.

B
    Bae/be = saja
        Contoh: Kau bae/be la yang bayar
        Arti: Kamu sajalah yang bayar.

    Balak = masalah
        Contoh: Dak usah nyari balak la, kagek celako kau
        Arti: Tidak usah cari masalah deh, nanti kamu celaka.

    Balek = pulang
        Contoh: Aku abes ni nak balek ke rumah
        Arti: Saya setelah ini mau pulang ke rumah.

    Balen = ulang
        Contoh: Balen oi, mano ado maen cak tu
        Arti: Ulang dong, mana ada main begitu.

    Banyu = air
        Contoh: Nak minum apo? banyu putih be
        Arti: Tanya : Mau minum apa? Jawab : Air putih saja.

    Baseng = terserah/sembarangan
        Contoh: Baseng kau la, aku dak melok melok be)
    Arti: Terserah kamu sajalah, saya tidak ikut (kalau terjadi masalah, saya tidak ikut kena  getahnya-red).

    Basa = gawat
        Contoh: Basa ni! dak pacak gawe galo
        Arti: Gawah nih! Tidak bisa kerjakan semua.

    Baso = bahasa
        Contoh: Ae baso inggris be dak pacak kau, cupu ni!
        Arti: Ya ampun, bahasa Inggris saja kamu tidak bisa, pecundang nih!

    Bebala = bertengkar (mulut)
        Contoh: Wong sebelah ni galak bebala sampe subuh
        Arti: Orang sebelah suka bertengkar sampai subuh.

    Belagak = tampan, cakep, rapi
        Contoh: Wew, belagak nian kau hari ni!
        Arti: Wah, rapi sekali kamu hari ini!

    Belago = bertengkar saling pukul
        Contoh: Budak kecik tu galak belago, laporke plisi peh?
        Arti: Anak kecil itu suka berkelahi, laporkan ke polisi yuk?

    Bengak = bodoh
        Contoh: Bengak nian kau ni, baco be dak pacak!
        Arti: Bodoh sekali kamu ini, membaca saja tidak bisa!

    Begoco = berantem/Berkelahi
        Contoh: Dak usah jingok jingok, begoco be kito!
        Arti: Tidak usah lihat-lihat, berantem aja kita!

    Berejo = bersusah-susah, berusaha
        Contoh: Berejo la kau! tula, diomongi dak galak denger
        Arti: Berusahalah kamu! Makanya, di beri tahu tidak mau dengar.

    Bi Cek = ibu, bibi, tante; bi cik (bibi kecik) = bibi kecil, panggilan untuk tante dalam keluarga besar yang paling kecil/ muda.
        Contoh: Bi cek! nak kemano?
        Arti: Bibi! Mau kemana?

    Budak = anak
        Contoh: Budak Palembang emang cindo - cindo galo
        Arti: Anak Palembang memang cantik-cantik semua.

    Buntang = bangkai
        Contoh: Depan kelas kito ado buntang tikus
        Arti: Di depan kelas kita ada bangkai tikus.

    Buyan = bodoh
        Contoh: Makonyo belajar biar dak jadi buyan, adekku
        Arti: Makanya belajar adikku, agar kamu tidak jadi bodoh.

    Besak Kelakar = besar omong
        Contoh: Kau tu besak kelakar bae, jadi be idak.
        Arti: Kamu itu besar omong saja, jadi aja enggak.

    Bedalu = Begadang
        Contoh: Jangan nemen nian bedalu kau tu
        Arti: Jangan sering begadang kamu itu
C
    Cak mano = bagaimana
        Contoh: Cak mano ni? pacak dak lulus kito ni
        Arti: Bagaimana ini? Bisa tidak lulus kita.

    Cak itula = ya "begitulah"
        Contoh: Cak itula, basa nian kito
        Arti: Begitulah, benar-benar dalam kesulitan kita.

    Calak = pintar, cerdik <kadang terkesan curang>
        Contoh: Oi calak nian kau e, wong ngaki kau bawak sepeda
        Arti: Cerdik juga kamu ya, orang lain jalan kaki kamu bawa sepeda.

    Cemeke'an = pelit
        Contoh: Cemeke'an nian, goceng be dak ngasi
        Arti: Pelit sekali, mamberi lima ribu saja tidak mau.

    Cetuk = patuk
        Contoh: Lakinyo mati dicetuk ulo
        Arti: Suaminya meninggal dipatuk ular.

    Cotang = menebak nebak dalam soal pilihan
        Contoh: Cotang 5 bener 4, hebat dak?
        Arti: Sembarangan jawab lima soal, benar empat, hebat tidak?

    Cugak = kecewa
        Contoh: Keno cugak be aku lantak dio
        Arti: Saya kecewa karena dia.

    Cucung = cucu
        Contoh: Woi cung, kalo kau ke Plaju, belike aku pempek
        Arti: Cu, kalau kamu ke Plaju, belikan kakek/nenek pempek.

    Cindo = cantik
        Contoh: Cindo nian tino tu, pacak peca utak aman jingokinnyo terus
        Arti: Cantik sekali wanita itu, bisa gila kalau melihatnya terus.

    Cenela = sendal
        Contoh: Woi jangan pake cenela aku
        Arti: Woi jangan pakai sendal saya

    Cangking = jinjing
        Contoh: cubo dicangking be,biar mudah
        Arti: coba dijinjing aja biar mudah

    Cokot = gigit
        Contoh: Hamper be aku tadi di cokot anjing
        Arti: Hampir saja saya tadi di gigit anjing

D
    Dak papo = tidak Apa-apa
        Contoh: Dak papo la! cuman denget kok
        Arti: Tidak apa-apa lah, cuma sebentar kok.

    Dak katek / katek = tidak ada (lebih tegas)
        Contoh: Dak katek malu nian kau ni!
        Arti: Tidak ada malu sekali kamu ini!

    Dak katek katek = tidak (membela diri)
        Contoh: Aku pegi kesano? dak katek katek
        Arti: Saya pergi kesana? Mana ada (tidak).

    Dak terti = tidak mengerti
        Contoh: Dak terti aku pelajaran ni
        Arti: Saya tidak mengerti pelajaran ini.

    Dewe'an = sendirian
        Contoh: Pegi samo siapo kau? dewe'an be
        Arti: Pergi sama siapa kamu kesana? Sendirian saja?

    Dulur = saudara
        Contoh: Oi dulur! po kabar?
        Arti: Saudara! Apa kabar?

    Doken = dulu
        Contoh: Ai ngopi doken biar dak ngantok
        Arti: Aduh, minum kopi dulu agar tidak mengantuk.

E
    Emak : ibu/mama
        Contoh: Emek, ado yang ngolake aku
        Arti: Mama, ada yang mempermainkan saya.

    Enjuk = beri
        Contoh: Enjuk siapo la bunga ni ye?
        Arti: Kasih siapa ya bunga ini?

    Ekar = kelereng
        Contoh: Ekar aku hargonyo goban, kau punyo?
        Arti: Kelereng saya harganya lima puluh ribu, punya kamu (harganya berapa)?

    Ecak-ecak = pura-pura
        Contoh: Kau ni jangan ecak-ecak dak tau.
        Arti: Kamu ini jangan pura-pura enggak tau.

    Eder = benar/beres
        Contoh: Gawean kau ni dak pernah eder
        Arti: Kerjaan kamu itu tidak pernah benar/beres

G
    Galak = mau, sering, suka
        Contoh: Galak makan dak?
        Contoh: Aku galak dengan kau
        Contoh: Tu la, galak takok'an, keno batunyo kau sekarang

    Galar = lantai
        Contoh: Kaparke bae mangkok tuh dipucuk galar
        Arti: Tarok aja mangkok itu diatas lantai

    Galo = semua
        Contoh: Wong kito galo

    Gancang = cepat
        Contoh: Gancang dikit kak, kagek telat aku ni sekolah

    Gedek = dinding / tembok
        Contoh: Lukisan sikok itu tolong dipasang di gedek sebelah sano ye mang

    Geli geli = mudah
        Contoh: Mak ini sih geli geli bae

    Geli geli basa = sangat mudah
        Contoh: Pacak dak? Geli geli basa

    Geta basa = bokek, pelit
        Contoh: Geta basa dio tu

    Goco = tonjok, tinju
        Contoh: Ati - ati samo preman itu, kagek keno goco

    Gilo = gila
    Gandekan = ahli/jago
        Contoh: Wow budak itu gandekan nian maen ekar
        Arti: Wow anak itu ahli/jago banget main kelereng

I
    Idak = tidak
        Contoh: Idak galak makan dio dari kemaren

    Igo = terlalu
        Contoh: Tula pelit igo! rasoke kau sekarang

    Iwak = ikan
        Contoh: Iwak belido emang paleng mantep dibikin pempek

J
    Jabo = luar
        Contoh: Tolong buangke sampah ni ke jabo ye

    Jingok = lihat
        Contoh: Jingok - jingok kalo kakak aku dateng ye

    Jiron = tetangga
        Contoh: Kenal dak kau samo jiron kau?

    Julak = dorong
        Contoh: Kau dijulak siapo dek? ngapo pacak nyampak cak ini?

    Jero = dalam
        Contoh: Kambang ini jero nian
        Arti: Empang ini dalam banget
        Contoh: Cubo cari di jero kamar
        Arti: Coba cari di dalam kamar

    Jeramba = jalan/jembatan
        Contoh: Nah,jeramba kayu ini sudah banyak yang bolong
        Arti: Nah,jalan/jembatan kayu ini sudah banyak yang bolong

K
    Kacek = selisih
        Contoh: Kacek dikit jugo, dak apo la

    Kacuk'an (tidak sopan)= berhubungan sex
        Contoh: Jangan kacuk'an di luar nika ye, doso tu

    Kagek = nanti
        Contoh: Nak pegi lum? kagekla

    Kambang = kolam
        Contoh: Wow, kambang iwak makin cantik bae mak ini ari

    Kampang (tidak sopan) = tak punya ayah, anak haram
        Contoh: Oi kampang! dak jingok wong lagi nyebrang!

    Kanji = genit
        Contoh: Jingokla,betino itu kanji nian samo lanang

    Katek = tidak ada
        Contoh: Kesian jingok dio, katek duit, katek rumah, katek kerjo

    Kecik = kecil
        Contoh: Pempek telok kecik seporsi berapo?

    Kelaso = tikar, alas duduk / tidur
        Contoh: Bentangkelah kelaso tuh, aba kau nih nak tiduk dulu

    Kempet = kempes
        Contoh: Ai, ban mobil aku kempet pulok

    Kendak = kehendak
        Contoh: Kendak aku ni cak ini, ngapola jadi cak itu?

    Ketek = perahu
        Contoh: Turis tu lagi naek ketek nyebrang sunge musi

    Kito = kita
        Contoh: Wong kito galo

    Kleker = kelakar
        Contoh: Mang cek kau tu emang rajo kleker, ngehayal telalu tinggi

    Klepeh = dompet
        Contoh: Supayo dak dimaling, pastike klepeh disimpen dengan aman

    Kocek = potong, kupas
        Contoh: Diemlah, agek kukocek palak kau!

    Kambang = empang

 L
    La = sudah
        Contoh: La selesai lum? Lamo nian.

    Ladeng = pisau
        Contoh: Kau buang kemano ladeng bekas kau nujah tadi?

    Laju = ayo, akibatnya/jadinya
        Contoh: Galak laju, dak galak sudah
        Contoh: Lantak bebala laju keno marah budak tu

    Lajuke = urusi
        Contoh: Aman kau galak, lajuke la

    Lanjak'i = mengerjakan, mengurusi
        Contoh: Mumpung regonyo murah, lanjak'i la cek

    Lantak = gara-gara
        Contoh: Lantak kau la, jd rusak komputer aku)

    Lemak = enak
        Contoh: Makanan disini la dak lemak, mahal pulok

    Lihai = pintar
        Contoh: Lihai nian dio matematika, les dimano ye dio?

    Lokak = kerjaan, masalah
        Contoh: Kalo ado lokak, kabari bae aku ye mang

    Lolo = bodoh
        Contoh: Belajarla yang rajin, galak apo jadi lolo?

    Lum = belum
        Contoh: Sudah lum?

    Linjangan = pacar
        Contoh: Hai,linjangan kau sekarang sapo?
        Arti: Hai,pacar kamu sekarang siapa?

M
    Madak'i = "masa sih"?
        Contoh: Mada'i kito kalah?, perasaan la lemak tekwan kito ni

    Mak ini ari = hari "gini"
        Contoh: Mak ini ari, mase ado bae wong yang galak maleng ayam

    Mang Cek = bapak, paman
        Contoh: Di rumah mang cek aku ado kebon rambutan

    Melok = ikut
        Contoh: Aku nak ke Kandang Kawat, melok dak?

    Mekek-Mekek = berteriak
        Contoh: Oi cek, apo dio la dari tadi mekek-mekek!

    Mekot, milu = ikut
        Contoh: Mekot oi ke PS, la bosen aku ke PTC

    Menujah = menusuk
        Contoh: Rai kau ni mirip yang nujah adek aku

    Mengot = lengkung
        Contoh: Mistar ni pacak mengot pulok

    Meseng (tidak sopan) = buang air besar
        Contoh: Budak tu galak meseng di celano aman aku kejutke

    Metu = keluar
        Contoh: Dio tu dak pernah metu dari kamar sejak diputusi ceweknyo

    Merep = mirip, menyerupai
        Contoh: Rai nyo Merep wong ini

    Minta alem = manja, "carmuk"
        Contoh: Minta alem nian dio ni

    Mentek, mengkek = "belagu", banyak gaya
        Contoh: Mengkek nian budak tu!

N
    Nak = mau
        Contoh: Diemla! nak keno marah guru kau?

    Ngambok = pamer
        Contoh: Dak usahlah nak ngambok kau tu! jingok dulu na gambar aku

    Ngatoke = mengatakan
        Contoh: Walikota ngatoke kalo dio bakal gusur semua pedagang kaki limo tanpa ampun

    Ngolake = menipu
        Contoh: Koko kau tu galak ngolake, ngomong jual ayam bangkok taunyo ayam kampung

    Ngota'i = membohongi
        Contoh: Ae kau ni ngota'i aku dari dulu, putus be kito

    Nian = benar
        Contoh: Kau cantik nian malem ni

    Nianan = "beneran"
        Contoh: Nianan oi! pesta pesta kito malem ni

    Ngeribak'i = peduli amat
        Contoh: Ngeribak'i kau la, emang kau siapo

    Ngigik = lucu,ada-ada aja
        Contoh: Ngigik nian wong yang bikin kamus ni

    Ngenyek = mengejek
        Contoh: Pak itu emang galak ngenyek, kesel jugo lamo lamo

    Nyampak = jatuh
        Contoh: Ajaib, la nyampak dari lante 30 masi pacak idup

    Nyenyes = tidak bisa menjaga rahasia, "mulut ember"
        Contoh: Aku dak seneng dengan wong nyenyes cak dio

    Ngagok'i = menanggapi
        Contoh : Berentilah ngagok'i nyo,gek dio nangis

    Nemen = sering
        Contoh: Jangan nemen nian maen tempat wong itu
        Arti: Jangan terlalu sering main tempat orang

    Nganjok = terjun
        Contoh: Jangan galak nganjok dari pagar lagi kau tu
        Arti: Kamu itu jangan suka terjun dari pagar lagi

O
    "Obak" = Penjara/Sel
        contoh : Wong galak maling bakal masuk obak
        artinya: siapa suka mencuri akan masuk penjara

    Oncak = unggulan
        Contoh: Pakela oncak kau, tetep aku tula yg menang pasti

    Oplet = angkot
        Contoh: Kalo oplet warno merah stop dimano ye?

P
    Pacak = bisa
        Contoh: Pacak gilo jugo aku kalo cak ini terus

    Palak = kepala
        Contoh: Pening palak aku jingok kelakuan dio

    Panto = cuma
        Contoh: Panto itu be dak pacak, makmano kau ni?

    Pasak = pasar
        Contoh: Pasak Plaju la canggih sekarang, nyaman men nak blanjo

    Payo = ayo
        Contoh: Ke PIM dak? payo!

    Pecak = seperti
        Contoh: Badan pecak gorila cak tu, kalahla dio

    Pecik = menembak
        Contoh: Ae cupu ni, pecik ekar be dak pacak

    Peh la = yuk
        Contoh: Maen dak? peh la

    Penesan = bercanda
        Contoh: Jangan langsung tujah2an oi, cuma penesan dio tu

    Pilat (tidak sopan) = Kata kasar, arti: orang yang bibirnya ada bekas operasi(?)
        Contoh: Pilat ni! bawa mobil tu beneran dikit!

    Pocok = atas
        Contoh: Dio lagi di pocok, beneri atep

    Prei = libur
        Contoh: Kapan prei?

    punyo = punya

R
    Rai = muka, tampang
        Contoh: Rai kau make apo? maken cantik bae kw bik

    Ringam = benci
        Contoh: Ringam nian jadi wong tu!

    Rese = habis
        Contoh: Ai rese makanan ini

S
    Sanjo = bertamu
        Contoh: Kagek sincia sanjo ke tempat aku ye, banyak makanan la

    Sangkek = keranjang, bungkusan berisi makanan yang dibagikan waktu ultah anak kecil
        Contoh: La dapet sangkek lum kau?

    Saro = sulit
        Contoh: Kalo cak ini saro! jadinyo cak mano? cari dulu turunannyo

    Sapo = siapa
        Contoh: Sapo bae yang ranking, dapet voucher les gratis disano

    Semekuk = berbentuk tak sempurna
        Contoh: Dak semekuk nian gambar kau, budak TK be lebih lihai

    Sepur = kereta api
        Contoh: Ado wong dilindas sepur malem tadi

    Sike = pelit
        Contoh: Dak usah sike la, awak kayo

    Sius = serius
        Contoh: Siusan oi? mak mano nian ceritonyo?

    Sikok = satu
        Contoh: Bagi sikok wong sikok, jangan banyakan

    Singit = sembunyi
        Contoh: Maleng tu singitan di wc rumah aku

    Siru = heboh
        Contoh: Dak usah siru! mano buktinyo?

    Sedenget = sebentar
        Contoh: Sedenget be, dak lemakkan aku kalo dak ke rumah dio

    Sekewet = curang
        Contoh: Ketauan ye kau galak maen sekewet

    Sokor = "sukurin"
        Contoh: Sokor! makonyo latihan dulu men nak tanding tu

T
    Tako'an = sombong
        Contoh: Wong tako'an cak dio emang harus dibasmi
        Contoh: Orang sombong kayak dia emang harus dibasmi

    Tebudi = tertipu
        Contoh: Dak tau aku ini palsu, tebudi aku oleh dio

    Tedok = tidur
        Contoh: Tedok tu jangan malem malem

    Tek aguk = tidak ada kerjaan (tidak digunakan terpisah)
        Contoh: Tek aguk nian dio, nyoret nyoret papan

    Terajang = hantam
        Contoh: Na, nyengir nyengir, terajang gek kau!

    Tetak = potong
        Contoh: Tetak palak aku kalo kau dapet cepek

    Tino = betina/perempuan
        Contoh: Budak tino itu begawe di PS
        Contoh: Anak perempuan itu bekerja di PS

    Tangani = selesaikan, hajar, pukul
        Contoh: Dak usah macem macem, tangani gek kau!

    Tula = itulah
        Contoh: Tula! la ku ngomongi caronyo tu mak ini, dak cayo kau

    Tujah = menusuk
        Contoh: Ne, kau. Ngapo nyingok-nyingok, kagek ku tujah

    Tekak = bandel
        Contoh: Kau ni tekak nian, wong apo bukan?
        Arti: Kamu ini bandel banget, orang apa bukan?

    Tebok = bolong
        Contoh: lawang ini tebok galo bekas peluru
        Arti: Pintu ini bolong semua bekas peluru

    Tekepor = terkapar
        Contoh: Peserta gerak jalan banyak yang tekepor

    Tekacip = kelamaan menunggu (seseorang/sesuatu)
        Contoh: Ai gawe kau ni,aku laju tekacip disini
        Arti: Ai kerjaan kamu ni,saya jadi kelamaan nunggu

    Tegok = telan
        Contoh: Tegok bae ubat tu
        Arti: Telan saja obat itu

U
    Ucak-ucak = main-main, tidak serius
        Contoh: Ae SFC ni maennyo ucak ucak sekarang

    Uji = kata
        Contoh: Uji dio kalo pacak gawe ke soal ni, nak dienjok cepek ceng kito

    Umep = panas / masak / mendidih
        Contoh: Bik, banyu tuh lah umep, angkatlah

    Untal = lempar
        Contoh: Untal tu bener dikit, nyangkut ke atep gek

    Ulo = ular
        Contoh: Ampir be aku ninjek ulo di sawah

    Umbel = ingus
        Contoh: Kau ni la besak masih umbelan
        Arti: Kamu ini sudah besar masih ingusan

W
    Wong = orang
        Contoh: Wong kito galo, wong Palembang

Y
    Yasi = sah
        Contoh: Dak yasi pemilu tu, banyak maen calak dio

nah, gampang kan bahasa Palembang tuh, gak sulit buat kalian pelajari...
biasanya yang sering saya dengar cukup tambahkah akhirannya dengan huruf "O"

Beberapa kata dalam bahasa Palembang yang sama dengan Bahasa Indonesia, hanya berubah vokal akhirnya:
    Ado = ada
    Apo = apa
    Biaso = biasa
    Biso = bisa
    Dio = dia
    Dimano = di mana
    Disano = di sana
    Iyo = iya
    Jawo = Jawa
    Jugo = juga
    Kemano = ke mana
    Kato = kata
    Ketawo = tertawa
    Kito = kita
    Mano = mana
    Ngapo = mengapa
    Pulo = pula






Source

1 komentar:

Anonim mengatakan...

good... seneng aku

Poskan Komentar

 
VanCanon