Struktur
Panjang : 1.117M (bagian tengah 71,90m)
Lebar : 22m
Tinggi : 11,5m dps
Tinggi menara : 64m dari permukaan tanah
Jarak antara menara : 75m
Berat : 944 Ton
Pembangunan jembatan Ampera ini dimulai pada tanggal 16 September 1960, setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekarno. Biaya pembangunannya diambil dari dana pampasan perang Jepang. Bukan hanya biaya, jembatan ini pun menggunakan tenaga ahli dari negara tersebut.
Pada awalnya, jembatan ini, dinamai Jembatan Bung Karno. Menurut sejarawan Djohan Hanafiah, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Presiden RI pertama. Bung karno secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga Palembang untuk memiliki sebuah Jembatan di atas Sungai Musi.
Peresmian pemakaian jembatan ini dilakukan pada tahun 1965, sekaligus mengukuhkan nama Bung Karno sebagai nama jembatan. Pada saat itu, jembatan ini adalah Jembatan terpanjang di